UKT

4/22/2013

0 Comments

 
Tidak adanya uang pangkal untuk masuk perguruan tinggi negeri tahun 2013 membuat sebagian besar PTN akan menetepkan Uang Kulliah Tunggal, kebijakan uang kuliah tunggal ini pastinya akan berdampak pada kenaikan biaya kuliah  pada tiap semesternya. hal ini jelas memberatkan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga menengah dalam keuangannya, karena bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu mungkin bisa mengajukan program bidik misi. UKT ini menggambarkan bahwa besar uang kuliah setiap mahasiswa dipukul rata, hal ini seharusnya dikaji ulang karena kemampuan/penghasilan dari orang tua calon mahasiswa berbeda-beda. seharusnya UKT ini disesuaikan dengan  kemampuan calon mahasiswa sehingga biaya kuliahnya akan berbeda-beda sesuai dengan kemampuan/penghasilan orang tuanya, cukup adil bukan?
 
UI adalah harapanku, UGM adalah impianku, UNPAD adalah favoritku dan UNDIP adalah keinginanku. Nah itulah sedikit  celotehan saya, mungkin banyak yang senada dengan saya tentang hal ini karena memang menurut saya empat PTN tersebut adalah PTN(kelompok IPS) yang terbaik di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan membludaknya peminat-peminat tahun lalu untuk bisa mendapatkan kursi di empat PTN tersebut.
 
_
JADWAL JALUR UNDANGAN

Pendaftaran Jalur Undangan 1 Februari – 8 Maret 2012 pukul 22.00 WIB, Seleksi Jalur Undangan 9 Maret – 15 Mei 2012 ,Pengumuman Jalur Undangan 28 Mei 2012 pukul 18.00 WIB ,Pendaftaran Ulang yang diterima 12 – 13 Juni 2012.
 

SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012
JALUR UJIAN TERTULIS


1.    LATAR BELAKANG
Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan merupakan salah satu jalur SNMPTN yang diharapkan mampu memprediksi keberhasilan calon mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu di perguruan tinggi. Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Disamping itu, soal SNMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bidang Studi Dasar, Tes Bidang Studi IPA, dan Tes Bidang Studi IPS. Ujian Keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan dalam bidang ilmu Seni dan Keolahragaan.

    Read more: http://www.anggalesmana.weebly.com
    Get This Gadget

    Archives

    February 2012

    Categories

    All